Trending Topik

Analisa Kimia (Kualitatit & Kuantitatif)


Kata Kunci : Kualitatif, Kuantitatif, Volunetri, Gravimetri, Spektrokimia

Macam-macam metode analisa kimia : 
1. Analisa Kualitatif adalah metode kimia analitik untuk mengetahui keberadaan suatu zat/spesi dlm sampel yang belum diketahui keberadaanya dan mengenalinya lewat sifat fisika dan kimianya. Sifat kimia (reaksi redoks, reaksi asam-basa, kompleks, dan reaksi pengendapan) dan sifat fisika (bau, warna, terbentuknya gelembung gas ataupun endapan).

"1. Qualitative analysis is methods of analytical chemistry to know presence of substances in the samples, which unknown. It's analyze using chemical and phsycal properties. Chemical properties (redoks, acid-base, complex and precipitation react) and physical properties (odor, color, gas bubble and sediment)."

2. Analisa Kuantitatif adalah metode kimia analitik untuk mengetahui jumlah zat/spesi dalam suatu sampel. Cara yang umum dipakai adalah metode volumetri (titrasi), gravimetri dan instrumentasi (spektrokimia).
Metode volumetri adalah identifikasi yang dilakukan dg pengukuran volume, keunggulan dari analisa ini adalah waktu lebih singkat daripada analisa gravimetri. Analisa ini digunakan untuk menetapkan kadar suatu zat dlm larutan. Caranya adalah dengan mereaksikan sampel (analit) dengan zat yang sudah diketahui kadarnya, dengan menggunakan persamaan mol didapatkan kandungan pada larutan sampel.
Metode gravimetri adalah identifikasi yang dilakukan dg pengukuran massa (berat), tahap awal sampel diendapkan menggunakan pereaksi tertentu, setelah itu endapan yang terbentuk dipanaskan utk menghilangkan kadar air dan dilakukan penimbangan sampel.
Metode instrumentasi (spektrokimia) adalah identifikasi yang dilakukan dg perhitungan jumlah radiasi cahaya yang diserap atau dipancarkan oleh atom.

"2. Quantitative analysis is methods of analytical chemistry to know the amount of substances in the samples. The general methods that used are volumetric, gravimetric and instrumentation methods. Volumetric methods is identification have done with measuring the volume, predominance of this sample is shorter than gravimetric analyze. This analyze is used to determine level substances in the solution. The methods is react the samples (analit) with the substances which already known level, using mole equation have got the contain in the sample solution. 
Gravimetric methods is identification have done with measuring the mass (weight), the first step is sample precipitated using specific reagent. After that, the precipitate is resulted then heated to remove watering degree and then weighing samples. 
Instrumentation methods is identification have done with measuring the amount of light radiation is absorbed or emitted by atomic."

ARTIKEL TERKAIT : 
1. Cara Penentuan Kadar Air (Water Content) 
2. Analisa Bilangan Kimia
3. Peralatan Untuk Menganalisa Kandungan Kimia

Previous
« Prev Post