Artikel Terbaru

Anti COPAS

Cuan di Saham IPO

IPO (Initial Public Offering) adalah penawaran harga perdana suatu perusahaan go-public. Sebagai seorang investor, kehadiran IPO banyak dinanti karena potensi "cuan" yang menggiurkan. Disini beberapa alasan mengapa saham IPO banyak diburu investor :

  • Harga saham IPO tentunya ditawarkan dalam nominal yang kecil dan seiring berjalannya waktu disertai potensi bisnis perusahaan yang menjanjikan pasti akan naik
  • Saham IPO yang memiliki sisi fundamental perusahaan bagus maka pergerakan harganya akan mengalahkan saham blue chip bahkan prosentase cuan-nya
  • Cuan bisa dilakukan dalam hitungan menit dan bisa mendapatkan return  sampai 100-500%
Sumber Gambar : www.sindonews.com
Apakah penulis sudah pernah cuan di saham IPO ??
Pernah, kala itu saham rilisan PT. MD Pictures Tbk (FILM) yang ditawarkan mulai dari harga Rp550/lembar dalam sehari naik menjadi Rp800-900/lembar. Melihat pergerakan saham yang tidak wajar, saham FILM dibekukan selama kurang lebih 1 bulan oleh BEI untuk dievaluasi dan kemudian dibuka kembali dengan nilai yang merosot fantastis dan saat itu pula penulis mencoba membeli saham dan memang benar dalam hitungan 2 hari saja sudah cuan 15%.
Bagaimana memilih saham IPO ??
Setidaknya, kita tahu bidang usaha yang dilakukan serta produk mereka di pasaran. Analisa fundamental seperti perbandingaan income dengan liabilitas serta kepemilikan aset-nya. Dengan memiliki banyak data tersebut, kita bisa membeli saham IPO dan siap di-tradingkan jangka pendek. Selain itu, investor juga harus rajin mendengarkan berita yang ada tentang ekonomi bisnis, dimana pelaku pasar ini ada di seluruh dunia sehingga kegoncangan ekonomi salah satu negara akan mempengaruhi pasar saham. Mengapa saham juga ikut berpengaruh ?? karena dengan ekonomi yang tidak membaik, investor asing akan segera melakukan aksi jual saham besar-besaran sehingga harga  saham jatuh.

Saham IPO apa saja yang dinilai bagus oleh investor selama akhir tahun 2018 ini ??
Saham MD Pictures (FILM), Garuda Food (GOOD), Cottonindo (KPAS), Super Energy (SURE). Saham-saham tersebut dinilai memiliki pangsa pasar yang bagus dan produk atau jasa yang mudah dilihat di pasaran. Berdasarkan hal tersebut, saham IPO langsung melesat >500% dan BEI mengawasi pergerakan yang tidak logis tersebut. Penulis tersebut juga pernah beli saham IPO tersebut dan cuan dalam waktu <1 minggu.

Hal apakah yang harus diantisipasi setelah pembelian saham IPO ??
Saham IPO rawan aksi beli dan jual besar-besaran dalam waktu yang singkat sehingga rawan naik/turun dalam sekejap. Jika naik terlalu besar maka akan dibekukan oleh BEI seperti kasus saham FILM. Saham IPO belum bisa dianalisa teknikal sehingga pergerakan cenderung tak terarah namun untuk investor jangka panjang, saham IPO bisa menjadi alternatif terbaik untuk investasi karena potensi naik yang pasti jelas dengan syarat sisi fundamental perusahaan bagus.

Referensi : Pengalaman pribadi investasi

Previous
« Prev Post