Artikel Terbaru

Anti COPAS

Indikator Analisa Saham : Analisa Bandarmology (3 of 3)

Analisa bandarmology saham adalah pengamatan terhadap apa yang telah dilakukan bandar dan untuk mengetahui detail istilah tersebut sudah dibahas di artikel berjudul : Sistem Bandarmology Saham. Indikator sahan satu ini cukup sering digunakan oleh para trader sebelum memutuskan membeli saham. Indikator ini sering digunakan para trader bukan investor karena dengan mengikuti gerakan bandar (follow the giant) maka potensi cuan besar yang konsisten bisa tercapai. Beberapa aplikasi trading online menyediakan fitur analisa bandarmology ini dan berikut screenshoot-nya.
Gambar 1. Bandarmology oleh Investor Lokal
Gambar 2. Bandarmology oleh Investor Asing
Berdasarkan gambar diatas bisa diketahui bahwa untuk saham CTRA pada periode tersebut investor lokal sedang buy dan sell namun akumulasi buy masih lebih besar dari akumulasi sell sehingga menimbulkan harga saham naik. Sedangkan investor asing bisa dilihat selama 1 minggu terakhir terus akumulasi saham CTRA sehingga bisa dipastikan harga saham pasti naik.

 
Dengan memakai analisa bandarmology ini, investor receh bisa mencapai cuan konsisten setiap harinya dan metode ini cukup efektif diterapkan. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, indikator ini jika digabungkan dengan indikator lain seperti MACD maka pergerakan harga saham bisa mudah ditebak. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komponen penggerak harga saham adalah buyer dan buyer akan tergiur dengan saham jika terdapat berita positif dari perusahaan. Jadi walaupun fundamental perusahaan bagus, kapitalisasi besar dan produk dikenal masyarakat luas jika saham tidak dibeli investor maka harga akan stagnan. Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bahwa penentu harga saham adalah buyer bukan perusahaan sehingga jika kita investasi maka yang perlu dilihat adalah volume investor memiliki saham tersebut dan analisa inilah yang disebut bandarmology.

Referensi : Pengalaman pribadi investasi

Previous
« Prev Post