Artikel Terbaru

Klasifikasi Nama-Nama Tube Boiler PLTU

Boiler PLTU terdiri dari 3 komponen utama yaitu pembakaran (furnace), aliran fluida (water wall) dan pemisahan (steam drum). Aplikasi di lapangan ditemukan beberapa macam penyebutan atau klasifikasi area tube boiler yang mempresentasikan proses operasi didalamnya. Berikut nama-nama tube boiler PLTU :
  • Water Wall Tube
Artinya dinding air karena pada umumnya operasi boiler PLTU terdiri dari bagian sisi dalam (inner) yang berisi air (demineralized water) sedangkan sisi luar (outer) adalah ruang bakar. Tube yang berisi air tersebut disusun sedemikian rupa agar proses kontak panas (heat exchanger) lama sehingga input berupa air diharapkan output sudah menjadi steam. Untuk menyusun rangkaian tube yang panjang agar efisien tempat maka dibentuk desain berkelok-kelok dan inilah yang disebut water wall. Disebut water karena  memang tube ini masih berisi fluida demineralized water.

BACA JUGA : Macam-Macam Boiler 
 
  • Evaporator Tube
Berfungsi menguapkan air menjadi steam saturated. Penyebutan tube ini umumnya untuk yang dilewati oleh saturated steam saja namun ada sebagian engineer menyebut tube ini dengan water wall. Disebut sama karena umumnya penyebutan water wall tube untuk desainnya sedangkan evaporator tube untuk proses operasinya
  • Platen Superheater
Tube yang didesain menggantung tidak menempel seperti water wall atau evaporator. Panas yang dimanfaatkan adalah radiasi. Sebagian besar penempatan tube ini adalah memanfaatkan flue gas dan furnace boiler sisi atas. Fungsi utama tube ini adalah menaikkan temperatur steam agar menjadi kering (superheated) sehingga berimbas pada kenaikan tekanan steam. Tekanan yang sudah naik sesuai harapan inilah yang bisa digunakan untuk memutar turbine
  • Header Tube
Bagian tube yang berdiameter besar umumnya sebagai tempat mengumpulnya fluida yang masih dalam bentuk cair yang merupakan hasil dari pemisahan di steam drum. Header berbentuk pipa horizontal berdiameter besar dengan banyak tube masukan disepanjang length header.

 
  • Economizer/Pre-Heater Tube
Kedua istilah ini di PLTU dibedakan artinya padahal artinya sama yaitu efisiensi panas gas buang. Economizer tube adalah memanfaatkan gas buang untuk memanaskan awal fluida air agar kerja boiler dalam mencapai saturated steam tidak terlalu berat. Sedangkan pre-heater tube adalah memanfaatkan gas buang untuk memanaskan awal udara yang akan digunakan untuk pembakaran dengan tujuan agar udara pembakaran tidak terlalu dingin yang berakibat menurunkan kalori bakar.

Referensi : Pengalaman pribadi di unit pembangkitan

Previous
« Prev Post