Trending Topik

Kemeriahan HARBOLNAS untuk Apa Sebenarnya

HARBOLNAS adalah Hari Belanja Online Nasional, ini adalah suatu pergerakan bersama yang dilakukan di seluruh belahan dunia untuk memeriahkan belanja online. Kapan HARBOLNAS?? awalnya pergerakan ini terjadi pada 12-12-2012 karena memiliki tanggal yang cantik dan dilakukan oleh beberapa platform digital untuk mengenalkan dan menggalakkan belanja online lewat serangkain diskon cuci gudang akhir tahun. Pergerakan itu terus terjadi sampai sekarang dan diperingati setiap 12-12 dan memang benar semua marketplace melakukan diskon gila-gilaan untuk manggaet para konsumen sehingga memaksa masyarakat download dan install platform di gadget masing-masing.

Kejadian transaksi lebih di akhir tahun ini sebenarnya tidak hanya di marketplace dan berdasarkan pengalaman penulis ini terjadi hampir di semua lini yang transaksi base seperti seham BEI, iklan di media sosial, tiket or biaya hiburan (travelling, hotel, akomodasi). Tidak heran kalau marketplace sedang mengenalkan aplikasi mereka secara bersama lewat event tersebut. Pengalaman penulis, diskon besar pada HARBOLNAS dihkususkan oleh pelanggan yang baru install atau pelanggan premium sebagai apresiasi, sehingga kalau ditilik tujuan sebenarnya juga tidak terlepas dari strategi marketing.

BACA JUGA: Big Sale Jual-Beli Online Akhir Tahun (Kuartal IV)

Para kaum millineal tentu akan menyimpan amunisi berlebih untuk persiapan HARBOLNAS atau event transaksi lain karena pasti ada diskon menarik yang besar termasuk penulis juga seperti itu karena di tahun digital IT ini kita dituntut untuk adaptif dan selektif untuk memilih pilihan yang ekonomis dengan daya manfaat tinggi. Sebagai seller di marketplace, penulis juga menyiapakn stok barang untuk amunisi ikut program yang dilakukan platform pada tanggal tersebut (12 Desember).

Strategi marketing di tahun digital IT ini sugguh beragam dan kreatif sehingga menarik konsumen dan lebih tepat tepat sasaran. HARBOLNAS ini juga merupakan teknik bakar-bakar uang dan yang diuntungkan banyak adalah konsumen walaupun akhirnya platform juga dapat keuntungan dengan hadirnya pengguna baru.

Referensi: 

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkaitwww.caesarvery.com

Previous
« Prev Post