Trending Topik

Bukalapak Selanjutnya akan Menjadi Bisnis Apa??

Penulis disini akan berbagi pengalaman selama terjun langsung sebagai penjual mupun pembeli di 3 marketplace yang berbeda yaitu Bukalapak, Tokopedia dan Shopee dari Tahun 2015 sampai sekarang. Penulis juga memberikan tips dan trik agar masing-masing marketplace bisa berjaya kembali atau ketika sudah berjaya sekarang agar lebih lama dalam berkuasa. Untuk Shopee yang Tahun 2020 menjadi raja marketplace bisa dilihat di artikel sebelumnya "Kebijakan Shopee yang Membuat Tahta Kekuasan Lebih Lama" dan untuk Tokopedia karena tahtanya baru saja direbut adiknya bule maka penulis juga memberikan tips agar bisa kembali berjaya, bisa dilihat di "Akankah Tokopedia Bisa Mengembalikan Kejayaan Masa Lampau??".

Bukalapak penulis juga telah memmberikan banyak masukan karena dulu sempat mengidolakan ini lama dan telah dibahas di detail di "Akankah Bukalapak Bisa Mengembalikan Kejayaan Masa Lampau??". Penulis disini akan menganalisa ketika lawan Bukalapak yaitu Tokopedia & Shopee terus-menerus berbenah dengan menerima masukan dari para buyer maupun seller. Ketika semua marketplace bersaing ketat maka penulis memprediksi Bukalapak akan kalah duluan dan akan mati suri untuk penjualan produk namun Bukalapak akan berjaya di bisnis digital IT seperti pembayaran (PLN, PDAM, pulsa, STNK, game online dll), investasi, asuransi, zakat, kursus pemerintah, dan akan tetap pro pemerintah menjadi display apapaun layanan pemerintah sehingga bisnis itu akan menjadi perkasa tanpa tanding.

Penulis sendiri juga melakukan kegiatan di Bukalapak, namun tidak untuk pembelian barang dan terbukti sangat lengkap dan tidak dimiliki oleh platform manapun. Produk digital IT yang ditawarkan sangat lengkap, mudah dipahami namun masih ada satu kekurangan yaitu bandwitch yang sangat lelet sampai Tahun 2020 ini belum juga teratasi. Sering kali loading, sudah di-refresh namun belum juga memberikan hasil bisa masuk ke website Bukalapak padahal untuk platfrom lain seperti Tokopedia dan Shopee sangat ringan dan fast loading.

Penulis akan terus mendukung untuk jalur bisnis Bukalapak baru ini karena diprediksi untuk bisa bersaing di pasar marketpalce sangat berat dan akan kalah kecuali telah membenahi sistem yang sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya.

Referensi

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkaitwww.caesarvery.com

Previous
« Prev Post