Trending Topik

Teknik Trading Saham BEI: Buy Sore-Sell Besok Pagi

Pengalaman penulis sampai saat ini menjadi investor dan trader di saham BEI dengan pengamatan pola kecenderungan transaksi terdapat hal-hal yang selalu konstan salah satunya adalah pola bearish/bullish selama sesi perdagangan (sesi 1 dan 2). Salah satu yang diamati berpola konstan adalah menjelang penutupan pasar (30 menit akhir) sebelum ditutup umumnya saham akan bearish. Ini karena para scalper & day trader sedang close saham mereka baik untung maupun rugi karena memang dituntut untuk memberikan laporan harian atas dana kelolaan misalnya reksadana atau milik para nasabah di club academy-nya. Sedangkan besok pagi (15-30 menit awal) umumnya saham akan bullish cepat walaupun terdapat juga yang langsung bearish tajam. Fenomena bullish/bearish tajam ini sangat normal dan merupakan strategi bandar, dimana untuk bearish ini untuk mengaktifkan program cut-loss para trader sehingga banyak saham lepas di harga bawah dan bandar siap meng-akumulasi sehingga harga akan cepat bullish tajam.

BACA JUGA: Tipe-Tipe Trader Saham

Fenomena kecenderungan pagi bullish dan sore bearish ini kalau dibuat pola akan konstan namun para trader juga harus dibekali analisis teknikal yang cukup kuat disamping analisis grafik juga berita bisnis perusahaan. Saham akan diminati banyak investor ketika bisnis perusahaan sehat dan teknik "buy sore-sell besok pagi" bisa jalan. Pengalaman penulis melakukan ini adalah untuk saham-saham yang memiliki berita positif di beberapa media sehingga bisa dipastikan banyak investor akan masuk. Teknik ini dirasakan cukup efektif untuk memperoleh cuan yang konsisen namun penulis mensarankan agar tetap pakai teknik diversifikasi sektor saham agar ketika terdapat salah satu yang bearish tanpa kembali bullish dalam waktu dekat maka bisa ter-cover oleh sektor saham lain yang bullish.

Teknik buy sore-sell besok pagi ini sebenarnya sudah banyak dipakai oleh para trader di club academy yang mereka bangun. Teknik ini dipakai untuk para trader yang memang membutuhkan cash-flow konsisten yang terus ada setiap harinya bahkan bisa menjadi mata pencaharian. Belajar terus mendalami beberapa teknik trading saham menjadikan kita para trader dan investor memiliki kepekaaan dan mental yang kuat sehingga lebih cepat adaptif mengambil keputusan ketika terdapat gejolak ekonomi pasar yang menyebabkan saham terguncang.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post