Trending Topik

Pengalaman Memakai Ekspedisi POS KILAT KHUSUS

Awal kedatangan Shopee, disinilah PT Pos Indonesia (persero) juga melakukan perombakan besar-besaran terhadap manajemen-nya karena POS sedang sakit dan masih mengandalkan pemasukan dari cara kuno yaitu menjual materai, transaksi uang pensiun, pengiriman uang dan pengantaran paket yang sangat mahal dan lama walaupun memiliki kelebihn yaitu bisa menjangkau wilayah seluruh Indonesia sampai terpencil-pun. DIRUT POS yang baru ketika sudah dilantik pernah menjadi pembicara di kantor penulis dan beliau men-sharing-kan open-mind terhadap generasi old jajarannya dimana harus mulai go digital dan mengikuti perkembangan jaman. Sudah harus menerapkan kecepatan, kepuasan, murah dan berkualitas karena diluar sudah ada kompetitor yang sudah memberikan kesemuanya itu.

Penulis mengamati di semua marketplace sudah mulai menambah POS untuk jenis ekspedisi-nya. Biaya ongkir-pun sangat jauh lebih murah dibandingkan kompetitor bahkan JNE, J&T dilibasnya tiada ampun dan harus bersiap berbagi konsumen dengan POS. Selisih yang hampir 30-50% inilah yang membuat POS melejit dan ini dianalisa penulis merupakan strategi manajemen baru untuk merebut pasar ekspedisi di Indonesia. Strategi ini sangat jitu dan banyak masyarakat yang tertarik menggunakan jasa ekspedisi POS dan penulis sendiri juga tertarik menggunakannya karena dari harga jauh lebih murah dan waktu estimasi sampai yang diberikan juga sama dengan ekspedisi reguler lainnya. Penulis mencoba 2x dengan ekspedisi POS di 2 marketplace berbeda untuk pengantaran paket di desa wilayah Blitar. Ongkir-nya sangat murah 30% dari reguler lain dan waktu estimasi yang diberikan juga sama dengan ekspedisi lain yaitu 2-3 hari. Ceritanya paket setelah kurang lebih 5 hari sejak pembelian tidak sampai dan dari tracking berhenti di Blitar Kota, padahal reguler lain umumnya 2-3 hari sampai karena kami sangat sering belanja online. Penulis khawatir dan menghubungi pihak marketplace untuk melakukan pelacakan dan juga konfirmasi ke penjual untuk membantu info ke POS. Marketplace mengarahkan penulis untuk menghubungi Costumer Service POS langsung sedangkan respon penjual tidak ada, sehingga penulis sendiri yang konfirmasi ke POS. Setelah konfirmasi, kami dihubungi via whatsapp betapa kagetnya bahwa paket telah dibawa oleh kargo lain dan sedang ada di Blitar Kota. Kargo tersebut menawarkan diambil langsung atau diantar dengan konsekuensi lama menunggu arah ke alamat yang sama. Jarak antara alamat penulis dan Blitar Kota sekitar 20 km sehingga penulis memilih diantarkan. Akhirnya sampailah paket di rumah penulis dalam waktu +/- 7 hari dari alamat penjual di Surabaya. Masih belum kapok juga, penulis masih percaya akan kinerja BUMN ini yaitu sekali lagi memakai jasa itu untuk pengiriman dari marketplace di Surabaya yang dikirim ke alamat di desa wilayah Blitar lagi alamat sama. Sekali lagi, ternyata mendapatkan kesimpulan bahwa POS tetap menggunakan join dengan kargo/wahana pengantaran lain untuk sampai ke alamat pembeli.

Berdasarkan pengalaman penulis tersebut bisa disimpulkan bahwa POS bisa murah dalam hal ongkir karena manajemen pengantaran hanya berpusat di level maksimum kecamatan saja sedangkan desa kemungkinan di sub-kan ke kargo/wahana pengantaran lain untuk menghemat biaya transportasi. Karena terdapat peralihan ekspedisi ini berpotensi waktu sampai ke alamat menjadi mundur dan bisa berpotensi terlambat dalam hal pelacakan karena beda bendera manajemen. Penulis cukup mengapresiasi langkah gebrakan manajemen baru POS ini namun masih kecewa dengan pelayanan dan janji estimasi sampai yang diberikan. Penulis berharap agar POS bisa memperbaharui sistem sehingga bisa bersaing layanan dengan swasta, karena jujur kami sebagai pembeli sebenarnya lebih yakin terhadap BUMN yaitu POS ketika pelayanannya sama-sama memuaskan. Semoga POS bisa berjaya seperti dahulu kala ketika masa-masa remaja penulis yang sangat suka berkirim surat via materai dan mengharapkan pak POS datang lagi kerumah membawa balasan isi surat (kenangan generasi Y yang sangat indah).

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post