Trending Topik

Fenomena Importir Mr. HU di Shopee || Pengalaman Beli Online Import Luar Negeri

Akhir-akhir ini marak dan terkenal di berita Indonesia yaitu sosok Mr. Hu importir dari China di marketplace Shopee. Penulis sendiri sudah banyak transaksi dengan Mr. Hu ini di Shopee. Penulis mencoba belanja beberapa produk yang sulit ditemukan di Indonesia dan search di pengiriman dari Luar Negeri, disana dijumpai barang-barang yang sangat murah dari Rp10.000-Rp100.000 dengan ongkir yang hanya Rp12.000 dengan estimasi tiba 3-4 minggu. Anehnya ketika sampai pengirim adalah semuanya Mr. Hu, padahal penulis belanja di beberapa toko lebih dari 3 toko. Mr Hu ini pasti menggandeng ekspedisi lokal dengan JNE. Barang-barang yang dijual Mr. Hu ini ketika di-search di Indonesia harganya 500-900% lebih mahal sehingga penulis sendiri juga banyak beli barang dari Mr. Hu ini untuk dijual di marketplace Indonesia.

Fenomena Mr. Hu jika ditelaah lebih dalam bisa mematikan UMKM lokal Indonesia, karena yang harusnya pasar Indonesia dapat konsumen malah lari ke Luar Negeri. Banyak tokoh membahas Mr. Hu ini apa dan sasarannya apa, bisa dilihat di youtube channel "Bossman Mardigu" dibahas detail bahwa Mr. Hu ini adalah starategi mematikan ekonomi negara dengan menghancurkan UMKM, dimana harga yang dijual didalam negeri lebih mahal daripada di luar negeri, namun income yang didapatkan penjual tetap sama karena selisih kerugian dibayarkan pemerintah dengan teknik mencetak duit ala "Modern Monetary Theori (MMT)", dimana underlying pencetakannya adalah komoditas dagang yang produktif terlebih untuk mengembangkan proyek ekspansi pengaruh komunis di dunia.

BACA JUGA: Pengalaman Jual-Beli Online di Marketplace Shopee

Pemrintah harusnya ketat menerapkan bea cukai yang mahal terhadap importir untuk melindungi UMKM Indonesia. Shopee sendiri sebenarnya adalah agent untuk monopoli perdagangan online di Indonesia lewat kaki tangannya di Singapura dengan pegang kendali penuh China. China memang sangat genjar mem-blow-up proyek mereka "One Belt One Road (OBOR)" untuk menghidupkan kembali jalur sutra. China sudah perkasa dalam hal ekonomi karena lini geoeconomic dan geopolitic mereka akan kendalikan semuanya. Mr. Hu ini salah satu dari geoeconomic strategi China untuk melumpuhkan ekonomi Indonesia sehingga perputaran uang di Indonesia lambat dan Indonesia harus berhutang untuk bisa menggairahkan ekonomi rakyat. China pasti memberikan hutang ke Indonesia dengan bunga yang ringan dan iming-iming bantuan teknologi dan investasi (misalnya jalan tol yang padahal ini adalah strategi geopolitic proyek OBOR, investasi tambang yang sebenarnya mengincar rare erath untuk energi masa depan atau mineral perangkat elektronik).

Penulis sendiri yang merasa sangat diuntungkan dengan adanya Mr. Hu ini karena sebagai penjual bisa mendapat margin yang sangat besar dan barang sangat laku di Indonesia karena kompetitor sangat jarang. Namun, karena jiwa nasionalisme dan baru mengerti dibahas di beberapa media "apa, siapa dan tujuannya apa Mr. Hu" maka sangat setuju jika pemerintah melakukan pengendalian terhadap platform Shopee dan tetap menjaga persaingan sehat antar marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Sampai tulisan ini dibuat, penulis yang sekitar 3 bulan lalu beli di Mr Hu pada kisaran harga Rp10.000 sekarang sudah naik menjadi Rp30.000 dan mudah-mudahan ini karena campur tangan pemerintah untuk memberikan perlindungan harga dan konsumen lokal dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Tetap berjayalah Indonesiaku sampai esok kelak, aminnnnnn.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post