Trending Topik

Mulai Membangun Aset yang Berbasis Pemanfaatan Digital IT untuk Panen 5-10 Tahun Mendatang

Tahun digital IT ini, mau tidak mau semua akan mengalami dan melakukan transformasi untuk bisa bertahan. Seperti kehadiran HP kala itu, dimana WARTEL dan telepon koin langsung tutup massal. Kasus lain seperti raksasa Nokia dan Blackberry yang diprediksi kala itu tidak akan mungkin jatuh, ternyata tersungkur juga. Sekarang, digitalisasi Industri 4.0 berbasis teknologi internet big data dan 5.0 berbasis artificial intelligence dalam tahap awal ke menengah sedang kita alami bersama.

Celah-celah bisnis pada era digital IT ini sebisa mungkin kita cari terus-menerus dan mulai membangun asset pasif income untuk panen 5-10 tahun mendatang. Menurut penulis terdapat 2 potensi besar bisnis yang bisa dibangun mulai sekarang yaitu: JUALAN ONLINE dan INFLUENCER. Potensi jualan online dirasakan penulis sangat besar peluangnya mengingat hampir semua orang sudah memegang smartphone. Setiap orang sekarang bisa menjual produk di dekat mereka kapanpun hanya cukup foto dan upload. Jualan online bisa dilakukan via facebook, online marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan Lazada), lewat broadcast Whatsapp dan masih banyak lagi media sosial lainnya. Penulis melakukan pencarian literatur dan menemukan potensi yang besar jualan online seperti sayur segar, obat herbal alami, umbi-umbian, golongan rhizoma, hasil hidroponik dan masih banyak lagi potensi lainnya. Pengemasan yang rapi dengan produk yang bersih, dilakukan seal vacuum kemudian upload disertai kata kunci yang memadai maka akan mendatangkan pembeli satu per satu.

Satu lagi yang tidak kalah adalah influencer, membangun jejaring sebesar mungkin dengan kratifitas membuat daya tarik konten didalamnya sehingga menjadikan setiap orang sekarang bisa memiliki stasiun TV/media masing-masing. Ketika traffic pengunjung besar maka akan banyak pengiklan yang masuk dan pemilik jejaring akan mendapatkan adsense yang lumayan. Influencer bisa dilakukan dimana-mana seperti media sosial (Facebook, Instagram), Youtube, Blogspot dan banyak lagi lainnya. Influencer ini potensi paling menjanjikan dari semua potensi yang ada dengan imbal paling besar namun membutuhkan effort yang paling besar juga selain kreatifitas. Setidaknya untuk pribadi yang masih sibuk dengan pekerjaan utama active income, hal ini bisa dilakukan dengan mulai mencoba walaupun jelek dan lama-kelamaan akan belajar dengan sendirinya bagaimana cara membuat konten yang menarik dan disukai pengunjung.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post