Artikel Terbaru

Anti COPAS

Adakah Sesuatu yang INSTAN di Kehidupan

Sesuatu yang instan tidak ada di kehidupan ini bahkan apa yang disebut "INSTAN" pasti memiliki proses waktu. Hal serupa juga diterapkan di dunia investasi dan banyak dari kalangan masyarakat menginginkan sesuatu yang instan misalnya investasi dengan return yang cepat dan besar atau penghasilan besar dengan pengalaman/effort minimal.

Seringkali kami diundang dahulu oleh kawan yang mempresentasikan tentang bisnis yang instan dengan imbal hasil yang maksimal dengan berjualan produk tertentu. Apakah benar konsep mereka itu ??jawabannya adalah BENAR dengan term & condition tertentu seperti penjualan sesuatu target, effort yang tekun dan keras serta waktu yang efektif dan fokus dalam pekerjaan tersebut. Sesudah semua dilakukan maka hak akan didapatkan sesuai janji manis.
Sumber Gambar : www.finansialku.com
Berdasarkan hal diatas, adakah sesuatu yang INSTAN ??
Warren Buffet yang sampai sekarang menjadi investor no. 1 di dunia bagaimana memulai prosesnya ?? jawabannya TIDAK INSTAN. Lalu seperti apa prosesnya ?? Buffet memulai investasi dengan membeli saham sedikit demi sedikit sejak umur <10 tahun di perusahaan coca-cola yang mana dikala itu bisnis tersebut belum mendunia dan secara konsisten menabung terus dan baru melihat hasil dikala umur 30 tahunan yaitu memiliki sebagian besar saham perusahaan tersebut dan kini bisnis coca-cola sudah mendunia.

Investasi di pasar modal apakah bisa menghasilkan return yang instan ??
Jawabannya TIDAK, mengapa demikian ?? karena seorang investor dikatakan profesional melewati tahapan yang panjang bertahun-tahun untuk mendapatkan analisis market yang tepat dan berdasarkan pengalaman yang sudah dilalui tersebut maka return instan "mungkin bisa saja terjadi". Mengapa masih mungkin padahal sudah berpengalaman ?? karena didalam imbal hasil yang besar terdapat resiko yang besar dan dikenal dengan istilah "high risk high return". Jika terdapat instrument investasi yang mudah untuk mendapatkan return tentunya banyak investor akan menyerbu instrument tersebut dan menyebabkan resiko menjadi besar sehingga bisa menyebabkan harga jatuh.

Jadi kesimpulan apakah semua sistem itu berproses ??
Ya benar demikian, proses adalah pengalaman yang berharga yang bisa dijadikan di modal kelak nanti. Waktu adalah sesuatu yang berharga dan pasti hilang tidak bisa diulang. Jadi kita semua mulailah berproses dengan memanfaatkan waktu seefektif mungkin misalnya mencari pengetahuan sebanyak mungkin dengan membaca, menulis, bekerja dan tidak kalah penting adalah berinvestasi.

Mengapa investasi menjadi sarana terpenting untuk modal kelak ??
Seiring kehidupan berkeluarga dari waktu ke waktu kebutuhan akan meningkat dan tidak bisa dipungkiri bahwa semua biaya pasti akan naik. Apa yang kita kumpulkan di hari ini mungkin akan tidak berarti lebih di kehidupan kelak. Dengan berinvestasi di beberapa instrument maka bisa dipastikan kita sudah menjalankan effort untuk kesiapan nanti dan jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan maka effort yang sudah kita tanam dulu akan menyelamatkan kehidupan keluarga nanti.

Referensi : Pengalaman pribadi investasi

>

Previous
« Prev Post