Trending Topik

Mengikuti Arus dan Mudah Beradaptasi adalah Strategi Jitu Dibandingkan Melawan Arus

Pandemi Covid-19 seolah memaksa manusia secara global untuk melek teknologi dan memahami bahwa kehidupan ini bisa dipermudah dengan adanya teknologi. Ketika dihadapkan kepada era yang baru, kita sebagai manusia apakah akan beradaptasi mengikuti perkembangan jaman (new mind) atau malah melawan arus untuk bersikukuh dengan cara lama (old mind). Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan jaman semakin lama semakin pesat dan pengalaman penulis sendiri dari yang masa kecil belum aspal, listrik belum masuk desa, TV, HP belum ada dan harga bakso semangkok masih Rp2000 di Tahun 90-an. Pendidikan yang diajarkan masih kejar-kejaran rangking tanpa ada polesan softskill sehingga segala upaya dilakukan demi nilai yang tertinggi. Sampai akhirnya, penulis sudah besar merasakan hanya sebagian kecil yang dipakai dan ketika kerja maka softskill yang diperlukan seperti percaya diri tampil di publik, bisa bekerja dengan tim, memahami karakter dan pendidikan orang yang berbeda-beda, perilaku jujur dan tanggung jawab sekecil apapun yang di amanahkan.

Ketika dulu penulis mengalami sejak SD-Kuliah sistem yang dipakai masih cara lama based individual sedangkan semakin kesini yang dipakai adalah based team work. Ketika penulis mencoba melawan arus (old mind) maka jelas tidak berkembanglah dari masa ke masa dan akan berjalan di tempat menjadi pribadi yang introvert ciri khas generasi lama. Sehingga beradaptasi secara cepat adalah strategi bisa mengembangkan kemampuan seiring bertambahnya umur. Penulis sendiri serasa terkejar oleh jaman, dimana seolah apa yang dilakukan hari ini akan terus harus terupdate informasi berita diluar sana siapa tahu jaman sudah berubah dan harus menyiapkan strategi baru yang jitu. Sebagai generasi yang mengharapkan kemandirian finansial, maka harus bisa membaca arah jaman ini dan beradaptasi untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijadikan sebagai pasif income.

Penulis melakukan analisa dan sudah mencoba melakukan sendiri ada 2 potensi bisnis yang harusnya mulai dirakit dari sekarang ketimbang nanti kalau semuanya sudah digital maka kita akan telat yaitu: (i) bisnis influencer; (ii) bisnis jual-beli online. Coba kita semua tengok berapa pendapatan para influencer diluar, lebih besar dari gaji orang kantoran atau tidak dan mengapa demikian?? karena kita semua tahu bahwa jaman telah berubah dimana semua informasi sudah ada di genggaman masing-masing. Koran, tabloid, majalah dan TV sudah perlahan ditinggalkan sehingga pengiklan akan beralih ke jasa yang banyak pemakainya yaitu media sosial.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi Penulis pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post