Artikel Terbaru

Anti COPAS

Barang yang Bisa Dibeli Ketika Travelling


Ciri khas orang Indonesia bukan travelling namanya kalau tidak membawa oleh-oleh atau membeli barang ciri khas setempat ketika asyik liburan. Tapi sebenarnya tipe traveller seperti apa yang bisa membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak? Apakah traveller backpacker cenderung tidak bisa membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak karena terbentur dengan kapasitas bagasi? Atau hanya traveller berkoper yang bisa membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak?
     Makanan
Oleh-oleh yang satu ini memang tidak pernah basi. Kemanapun kamu travelling menggunakan tiket pesawat Lion pasti selalu ada teman atau keluarga yang meminta oleh-oleh makanan setempat. Lalu bagaimana menyiasatinya supaya kamu bisa membeli oleh-oleh makanan yang sesuai dengan kebutuhan kamu tapi juga tidak membuat kamu kehabisan budget untuk hal lain dan kapasitas bagasi kamu tetap aman? Salah satu caranya adalah dengan membeli makanan sample dalam jumlah banyak atau membeli makanan dalam ukuran sebenarnya tapi yang dalam satu kotaknya memiliki banyak varian. 
Gambar 1. Varian Kue Pia Oleh-Oleh (sumber : https://food.idntimes.com)
Jadi kamu tidak akan repot-repot membeli banyak makanan untuk dijadikan oleh-oleh. Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat ya jika kamu berencana untuk membeli makanan sebagai oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli oleh-oleh makanan di hari terakhir kamu travelling. Mengapa? Karena makanan biasanya memiliki tanggal kadaluarsa, supaya makanan kamu dinikmati dalam jangka waktu yang lama sebaiknya beli di akhir trip aja supaya lebih aman. 
     Souvenir
Jika kamu sudah cek harga tiket pesawat dan langsung beli tiketnya buat trip kamu selanjutnya, oleh-oleh ini bisa banget untuk jadi pilihan kamu. Biasanya oleh-oleh tipe ini cocok buat kamu yang nggak suka ribet ketika travelling. Mengapaa? Karena souvenir cenderung  mudah untuk ditemui di mana saja dan harganya juga relatif murah.
Gambar 2. Macam-Macam Souvenir Khas Destinasi Wisata (sumber : https://www.dreamstime.com)
Lalu hal yang paling penting mengenai souvenir adalah tidak memakan space bagasi yang cukup banyak, jadi kamu tidak usah khawatir kalau sedang travelling menggunakan backpack. Selain itu tipe oleh-oleh ini juga cocok untuk kamu berikan sama orang-orang di kantor kamu karena sifatnya yang cenderung umum.
     Pajangan
Membeli pajangan yang menjadi ciri khas suatu daerah? Barang ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka mengoleksi barang-barang antik. Apalagi kalau destinasi travelling kamu merupakan tempat yang eksotis seperti India, Makassar, Papua atau Sumba yang memiliki ciri khas etnik dalam setiap produk oleh-oleh yang di produksi. 
Gambar 3. Cinderamata Pajangan Khas Makassar (sumber : https://www.hasbihtc.com)
Kalau kamu berkunjung ke beberpa tempat ini pastikan kamu juga membeli cindera mata yang menjadi ciri khas mereka ya! Dijamin pajangan ini tidak bakalan bikin bagasi kamu jadi overweight. Pajangan unik dapet, bagasi kamu juga aman! 
     Kartu pos
Anak angkatan 80an-90an yang suka travelling dengan tiket pesawat Lion pasti sering lihat kartu pos bergambar pemandangan yang sering tersedia di kantor pos setempat. Nah, kalau kamu mau mencari oleh-oleh yang murah meriah, memiliki makna tersendiri dan nggak pasaran, kamu bisa loh mempertimbangkan untuk membuat kartu pos ini.
Lalu bagaimana cara membuatnya? Ternyata caranya nggak ribet sama sekali loh! Hal pertama yang harus kamu punya tentu saja kamera, kamera disini terserah kamu ya mau kamera mirrorless ataupun kamera di smartphone kamu. Setelah itu kamu tinggal mencari tempat yang memiliki pemandangan yang eksotik, dijamin hasil foto kamu tidak bakalan jauh beda dengan hasil foto orang lain yang banyak bertebaran di instagram. Kemudian hal apa lagi yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan foto yang bagus? Tentu saja ke kantor pos setempat untuk print foto yang sudah kamu ambil.
Gambar 4. Salah Satu Kartu Pos Background Gunung Bromo (sumber : https://omnduut.com)
Oleh-oleh ini merupakan oleh-oleh yang sangat unik kan? Apalagi oleh-oleh ini juga satu-satunya di dunia karena hanya kamu saja yang memiliki gambar tersebut. Ditambah kamu bisa membawa kartu pos dalam jumlah yang sangat banyak karena ukuran dan beratnya yang sangat kecil dan ringan.
Kartu pos ini sangat cocok untuk kamu berikan kepada orang terdekat karena sifatnya yang sangat personal. Kapan lagi kan kamu bisa memberikan hadiah anti-mainstream pada orang terdekat yang tidak menghabiskan banyak biaya? Dijamin pasti kamu bakalan tidak sabar untuk trip kamu selanjutnya dan mengumpulkan kartu pos lebih banyak lagi nantinya. 

Referensi :
[1] Diolah dari berbagai sumber
[2] Pengalaman pribadi traveller backpacker

>

Previous
« Prev Post