Artikel Terbaru

Peran Perusahaan Go-Public di Pasar Saham

Perusahaan go-public adalah perusahaan yang mencatatkan diri di BEI sehingga bisa bertransaksi di pasar modal. Pasar tersebut adalah tempat mencari modal perusahaan dengan cara sistem jual-beli lembar saham dalam satuan lot.
Sumber Gambar : www.obrolanbisnis.com
Apakah peran perusahaan go-public di pasar saham ??
Perusahaan berperan memonitoring pergerakan harga saham mereka dan tugas manajemen adalah meningkatkan terus value perusahaan dengan indikator harga saham terus naik. Cara perusahaan menjaga value bisa secara langsung seperti melakukan aksi pembelian dengan nominal besar sehingga banyak investor yang menjual bisa mengambil untung lebih sedangkan cara tidak langsung yaitu dengan menjaga fundamental perusahaan dalam kondisi yang bagus.

Apakah fundamental perusahaan ??
Fundamental adalah hal yang sangat penting dan jika dikaitkan dengan perusahaan itu meliputi keuangan, operasional dan sentimen positif di luar. Keuangan yang sehat mencerminkan perusahaan memiliki sisi fundamental yang bagus dan banyak dilirik oleh investor sebagai tempat investasi. Indikator dilirik investor ditandai dengan harga saham yang naik, volume jual-beli dalam volume besar dan value saham koleksi yang sangat besar.

BACA JUGA : Strategi Buy-Back

Bagaimana cara perusahaan menyelamatkan harga saham yang jatuh ??
Dengan melakukan aksi pembelian yang sangat besar, sehingg harga naik dan investor yang terjebak di harga tinggi akan segera keluar dari zona merah. Sistem penyelamatan itu berarti saham perusahaan dibeli kembali dan tidak dishare di publik. Kemudian, jika suatu saat perusahaan menginginkan modal untuk ekspansi maka saham dijual kembali sehingga perusahaan mendapatkan uang segar dari penjualan tersebut.

Mengapa perusahaan besar banyak yang harga sahamnya level gopek (<Rp500/lembar) ??
Karena didalam memanajemen suatu pasar modal membutuhkan resource yang sangat besar dan perusahaan yang arus kasnya sedang sakit misalnya Garuda Indonesia, Medco, Elnusa, KPC dan ANTAM harga cukup rendah masih terfokus pada pembenahan internal perusahaan dan belum memiliki daya lebih mengurus di pasar modal. Akibat dari hal itu, sentimen negatif terus melanda perusahaan dan semakin jauh dari minat investor.

Referensi : Pengalaman pribadi investasi

Previous
« Prev Post