Artikel Terbaru

Debris Filter di Air Pendingin Condenser PLTU

Debris Filter adalah peralatan yang umum dipakai sebagai penyaring puing-puing benda padat yang terikut aliran air. Umumnya debris filter terpasang pada pipa inlet condenser dengan tipe aliran pendingin once through. Debris filter terpasang sebagai pertahanan terakhir kotoran padat yang terlewati sesudah penyaringan di bar screen dan travelling screen. Kotoran yang mungkin terikut adalah kayu, plastik dan cangkang kerang.

Debris filter memiliki berbagai macam teknologi yang digunakan bahkan dipatenkan oleh beberapa supplier. Masing-masing supplier memiliki kelemahan dan kelebihan terhadap teknologi yang mereka pergunakan sehingga didalam aplikasinya user harus memilih teknologi yang minim kekurangan agar bisa teraplikasikan efektif di unit kerja. Debris filter ini adalah salah satu jenis filter benda padat dan memiliki peran yang sangat vital didalam sistem pendingin karena kemampuannya yang bisa auto-backwash ketika proses operasi. Filter ini berbeda dengan yang lainnya karena ditanamkan didalam aliran air diantara flange pipa bukan sebagai pre-filter yang ditempatkan di area terbuka.

Prinsip kerja debris filter adalah ketika air pendingin masuk ke pipa dan melewati debris filter yang terus berputar, debris filter dilngkapi dengan blade sehingga benda padat akan tersangkut mengikuti arah blade dan tertahan karena filter di peralatan ini dilengkapi mesh yang berukuran cukup kecil dan wire mesh-nya didesain agak miring dengan harapan flow air pendingin tetap lanjut dengan flow normal tanpa mengalami penurunan kecepatan akibat terpasang debris filter. Seiring blade berputar, maka kotoran padat akan tersapu terikut ke aliran outlet debris filter yang mengandalkan sistem jet ejector yang diambilkan dari aliran outlet condenser. Sistem open-close outlet kotoran padatan dari debris filter berdasarkan perbedaan tekanan yang menandakan sumbatan di filter sudah maksimum dan harus segera auto-backwash.


Debris filter banyak digunakan di inlet condenser PLTU dan peralatan ini wajib ada karena air pendingin yang umumnya digunakan di sebagian besar PLTU adalah air laut dimana banyak mengandung cangkang kerang dan sampah padatan di laut. Dengan adanya debris filter ini, performa condenser bisa tetap optimal karena bisa menghindarkan adanya penyumbatan di tube condenser yang berakibat pada menurunnya efisiensi pertukaran panas.
Cangkang Kerang di Sepanjang Pipa Pendingin
Condenser yang Tidak Dilengkapi Debris Filter
Cangkang kerang yang sampai di tube condenser bisa mengikis permukaan tube dan lama-kelamaan tube hilang lapisan oksida-nya dan menjadi pemicu tempat akumulasi faktor yang menyebabkan korosi seperti chloride, suphite dan suspended solid lainnya.

Referensi : Pengalaman pribadi di unit pembangkitan

Previous
« Prev Post