Trending Topik

Bisnis Jasa Diyakini Akan Memberikan Income Lebih Besar Daripada Penjualan Barang di Era Digital IT

Era digital IT ini memberikan dampak besar pada tatanan dunia baru global terlebih pada aktifitas kehidupan manusia. Dengan tidak diperbolehkannya tatap muka dan kontak antar orang maka semua aktifitas pekerjaan manusia dilakukan di rumah masing-masing. Aplikasi video conference langsung booming dan semua orang sudah tahu cara memakainya. Sistem jual-beli offline/fisik banyak yang gulung tikar imbas lockdown yang cukup lama karena pandemi dan marketplace online shop menjadi sangat ramai. Penulis sendiri yang memiliki toko online merasakan omzet yang naik drastis akibat pandemi Covid-19 ini dan banyak melakukan jual-beli menggunakan HP dengan tetap stay at home.

Berdasarkan analisa beberapa kejadian ini, penulis menyimpulkan bisnis jasa akan berkembang pesat dan memberikan income lebih besar daripada penjualan barang. Di era digital IT ini, sektor jasa seperti jasa titip, jasa iklan/influencer/endorse, jasa desain, jasa software, jasa edit, jasa antar/ekspedisi, jasa konsultan, jasa training dan jasa-jasa lainnya diprediksi akan semakin terdepan. Mudahnya melakukan marketing dengan mass target dan mudahnya komunikasi serta review dari beberapa orang membuat bisnis jasa ini diyakini bisa menjadi trend pekerjaan di era digital IT ini. Dengan tanpa modal dan mengandalkan kreatifitas serta biaya operasional yang sangat murah bisa mendapatkan income bersih yang cukup lumayan. Dibandingkan penjualan barang yang harus melakukan stocking dan belum lagi perputaran yang lambat karena menunggu pembeli maka bisnis inventory barang fisik diyakini akan semakin berkurang diminati. 

Generasi sekarang lebih suka minimalis, membeli ketika membutuhkan sesuai keperluan (ringkas, rapi, berkualitas dan cepat). Hal ini akan jauh berbeda dengan jaman dahulu yang suka membeli dalam jumlah banyak dan untuk kebutuhan beberapa bulan. Penulis sendiri yang merupakan pekerja kantoran sudah mulai melihat arah pergerakan bisnis perusahaan dimana sektor jasa mulai dikejar dibandingkan jualan barang secara langsung. Melihat fenomena ini, kita semua harus bisa cepat beradaptasi agar bisa bertahan hidup dengan kondisi yang ada dan tetap mendapatkan pasif income dari beberapa lini bisnis

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post