Trending Topik

Perlukah UMR/UMP Naik Terus Setiap Tahun??

Upah Minimum Regional (UMR)/Upah Minimum Provinsi (UMP) yang sering kita semua dengar di berita setiap tahunnya selalu ada demo tuntutan dari para Serikat Pekerja (SP) untuk kenaikan. Tuntutan ini sebenarnya wajar karena biaya kebutuhan setiap tahunnya naik, namun apakah kenaikan ini akan terus menerus dan tidak mengikuti teori supply-demand/permintaan-penawaran?? tentu YA dan TIDAK, misalnya untuk kebutuhan pokok seperti pangan maka ketika naik maka permintaan juga akan tetap ada, berbeda dengan kebutuhan sekunder ketika daya beli rendah/permintaan rendah maka penawaran juga turun dan tidak akan naik sehingga bisa menekan inflasi.

Kami sendiri menilai UMR/UMP tidak seharusnya naik setiap tahun namun tunjangan kinerja atau bonuslah yang naik sehingga ini lebih produktif dan menguntungkan antara pengusaha dan pekerja (win-win solution). Hal ini juga harus diimbangi peran pemerintah dalam menjaga harga kebutuhan pokok dengan memberi batas atas penjualan dan memberantas kartel. Era digital tidak sulit untuk memberi pantauan harga barang kebutuhan pokok di seluruh Indonesia sehingga kenaikan harga tak terkendali yang memicu para pekerja kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bisa ditekan dan inflasi-pun tidak terjadi. Rasa kekurangan inilah yang sebenarnya menuntut para pekerja meminta kenaikan UMR/UMP dan ketika kondisi harga di kebutuhan pokok dan sekunder stabil maka tidak dibutuhkan kenaikan melainkan meminta bonus kinerja yang dinaikkan apresiasinya sehingga pekerja lebih giat-produktif dan menguntungkan pengusaha.

Inflasi kalau ditelusuri lebih jauh merupakan permainan para pencetak kertas tanpa underlying yang seolah-olah kertas dengan nominal tanpa value sangat berarti, sedangkan Islam sendiri diajarkan menggunakan dinar-dirham yang senantiasa tetap nilainya dari masa ke masa. Inflasi ini sangat bisa ditekan dengan peran pemerintah yang besar dengan memberikan kebijakan terpusat terkait aliran barang dan harga. Ketika ekonomi bawah stabil maka para pekerja tidak akan menuntut lebih karena dengan gajinya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan lain.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkait. www.caesarvery.com

Previous
« Prev Post