Trending Topik

Kawasan Wisata Danau Toba Pulau Samosir yang Asri, Dingin, Tenang dan Amazing

Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah-tengah danau raksasa Toba, Indonesia. Pulau Samosir masuk dalam wilayah Sumatera Utara. Kali ini tim jejak eksplorasi menuju kesana dari Balige, SUMUT lewat jalur darat. Jalur darat kata pemandu wisata sekarang sudah bagus dibandingkan lalu yang masih sempit, terjal dan banyak kecelakaan. Di tengah perjalanan menuju kesana kami mampir di Menara Pandang Tele, dimana Pulau Samosir dan Danau Toba terlihat dari ketinggian.

Sampai di Pulau Samosir, kami mencoba mengelilingi kotanya dan teryata cukup kecil menurut kami namun kami sangat menikmati adat, budaya dan aktifitas penduduk lokal disini. Kami meneruskan perjalanan untuk mencari makan dan tujuan kami adalah pantai pasir putih. Di sepanjang pantai, berderet penginapan, villa dan hotel yang hanya berjarak 20 meter dari bibir pantai. Disanalah kami makan sambil melihat orang-orang rekreasi bersama keluarga.

Kami mencoba cicipi air danau Toba dan memang benar rasanya tawar dan banyak ikan terutama jenis ikan mas disana. Ombak sangat pelan sehingga pengunjung bisa sampai ketengah untuk main menggunakan pelampung. Selain itu juga banyak wahana wisata air lainnya disana seperti boat, banana boat dll. Kami pesan makanan yang berasal dari ikan air tawar tangkapan warga lokal dan rasanya sangat gurih.

Kami melanjutkan mencari oleh-oleh replika budaya lokal dan kaos, disini pedagang bercerita bahwa sebelumnya banyak wisatawan mancanegara datang kesini seperti Malaysia, Singapura, Brunei dan Australia karena penerbangan yang sangat murah dan bisa langsung ke Bandara International Silangit, SUMUT. Pedagang bercerita mereka berlibur hanya weekend, dimana jumat tiba dan minggu pulang, dampak pandemi ini sangat terasa bagi penduduk sini dan katanya mereka hanya buka kios oleh-oleh weekend saja dan hari lain untuk mengerjakan lahan karena sepinya pengunjung.

Selanjutnya kami pulang dengan naik Kapal Ferry, kami takjub betapa diseluruh sudut daerah ini banyak villa, banyak persewaan motor karena memang daerahnya dingin cocok untuk melepas penat berlibur. Villa banyak yang tutup imbas pandemi dan sangat sepi dari aktifitas lalu lalang wisatawan. Akhirnya kami menaiki kapal yang ternyata di tengah danau arusnya cukup kencang juga dan penyebarangan dari Pulau Samosir ke Balige sekitar 45 menit.

Saksikan Keseruan Kami di Pulau Samosir Berikut:


Referensi:

[1] Youtube Channel "Jejak Eksplorasi Official"

Previous
« Prev Post