Trending Topik

SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Napak Tilas Novel & Latar Film Best Seller

Laskar Pelangi, mendengar kata-kata tersebut langsung ingat dengan Pulau Belitung kan?? sebuah novel karya Andrea Hirata yang mengkisahkan sejarah nyata masa kecil penulis di bumi timah Belitung Timur. Novel dan Film Laskar Pelangi sangat laris dan menjadi best seller karena dikenal di banyak dunia bahkan diangkat dalam beberapa bahasa.

Bertempat di Desa Pegantungan/Gantung/Gantong di Belitung Timur ini menyimpan memori indah akan sosok bocah dari pelosok yang ketinggalan jaman menjadi sukses sampai ke mancanegara. Tim jejak eksplorasi kali ini berkesempatan mengunjungi tempat tersebut yaitu Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Gantong. Disebut replika karena ini merupakan bangunan sisa yang diangkat dari tempata aslinya yang sudah direnovasi jadi bagus, sehingga untuk mempertahankan keaslian maka dipindah ke tempat lain.

Di tempat inilah dulu syuting film laskar pelangi dilakukan, dan ketika kami datang kesana masih merasakan kekaguman akan suasana asli jaman dahulu. Kami melihat Belitung dulu ketika tambang timah masih menjadi andalan, ekonomi warga berkembang pesat namun ketika timah mulai habis perlahan surut dan daerahnya kami lihat kurang terawat. Semoga Belitung bisa pulih kembali dengan pengembangan wisata yang bagus.

Saksikan Keseruan Kami di Replika SD Muhammadiyah Gantong Berikut:


Referensi:

[1] Youtube Channel "Jejak Eksplorasi Official"

Previous
« Prev Post