Trending Topik

Tambang Timah Pulau Belitung, Mengais Rejeki di Sisa Tambang PT Timah Tbk

Pulau Bangka-Belitung merupakan daerah utama penghasil timah di Indonesia, hampir setiap tanah disini mengandung mineral penting untuk industri seperti timah, besi, kuarsa, zirconium dll. Kali ini kami mengunjungi langsung bekas tambang PT Timah Tbk di Pulau Belitung. Sepanjang perjalanan menuju kesana kami melihat banyak tempat pintu masuk area tambang baik yang dikelola warga maupun perusahaan dan supaa kami bisa melihat luasnya area tambang maka sama pemandu wisata kami diajak ke area bekas tambang perusahaan besar.

Di area tambang kami melihat banyak gundukan yang tidak terurus dan menjadi kolam-kolam kecil banyak cukup dalam. Semakin masuk kedalam area tambang kami menemukan beberapa spot aktifitas warga lokal menambang menggunakan diesel sedot ukuran kecil. Kamipun turun dan melihat langsung aktifitas warga menambang. Berdasarkan paparan warga, per hari masih bisa dapat 3-5 kg timah kotor dan hanya cukup untuk makan + operasional. Katanya sudah sangat sulit menambang timah disini dan ini dilakukan karena perusahaan besar jika menambang dengan ekstrak timah yang tipis maka akan rugi operasional maka penduduk setempat mencoba mengais di sisa-sisa operasional tersebut.

Dahulu Pulau Belitung sangat kaya karena disokong pendapatan daritimah namun sekarang terlihat kurang bergairah ekonominya terlihat dari sepinya aktifitas didaearh sini. Semoga Belitung bisa bangkit dengan pengelolaan sumber daya alam lain yang tidak hanya bergantung kepada timah yang notabene ketika ditambang terus-menerus pasti akan habis.

Saksikan Jelajah Alam Kami di Tambang Timah Pulau Belitung Berikut:


Referensi:

[1] Youtube Channel "Jejak Eksplorasi Official"

Previous
« Prev Post