Trending Topik

Saham Industri Baterai Listrik Apakah Potensial??

Tesla sebagai perusahaan awal yang meriset mobil listrik menunjukkan kecemerlangan di Tahun 2020-2021 ini. Dimana industri otomotif seluruh dunia belum menyentuh pasar ini namun Tesla sudah penetrasi pasar jauh-jauh hari. Benar saja, Tesla bukan lagi menjadi brand mobil listrik melainkan menjadi nama lain dari mobil lisrik itu sendiri dikalangan orang sebagai penyebutan. Nama Tesla tidak asing lagi diseluruh dunia dan terjadi fanatisme kebanyakan orang jika mobil listrik yang dimiliki bukan Tesla kurang branded sudah melekat kuat dan berkualitas.

Tesla lewat CEO Elon Musk telah mengumumkan akan memproduksi massal mobil listrik dan akan mendirikan beberapa pabrik di penjuru dunia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Akhir-akhir ini Presiden RI Jokowi telah membahasa panjang dengan Elon Musk terkait ketersediaan lahan di RI untuk ditempati pabrik Tesla beserta kesiapan material serta mineral pendukung lainnya. Elon Musk menanggapi positif inisiaif RI ini dan akan mewacanakan lebih jauh lagi terkait invesasi di RI.

BACA JUGA: Strategi Ketika Saham Ovesold-Overbuy

Dampak dari ini, saham BEI yang terkait mobil listrik terus melesat di Tahun 2021 seperti ANTM, INCO, DKFT karena tambang nikelnya, TINS karena tambang timahnya dan juga ASII jika digadang-gadang menjadi collaboration company dari Tesla. Penulis mengamati saham-saham tersebut naik signifikan padahal sebelum pandemi cukup lama stagnan dan kurang bergairah. Hal ini menandakan pasar menaruh kepercayaan besar terhadap industri mobil listrik di tanah air sehingga investor ramai-ramai menanamkan modal disana.

Himbauan penulis untuk saham-saham yang meroket tajam akibat mobil listrik adalah selama agreement letter belum ditandatangani dan peletakan batu pertama belum ada maka harus berhati-hati terhadap bearish yang tajam dari saham-saham tersebut. Kebijakan seperti itu menurut penulis sangat dipengaruhi siapa yang berkuasa dan partai apa. Ketika sudah beda yang berkuasa maka jangan kaget jika kebijakan yangsudah matang sekalipun akan mentah dan tidak kunjung terlaksana. Sebagai contoh program biosolar B20-B50 yang digadang-gadang saham sawit bisa melejit ternyata menunjukkan sesuatu yang berbeda bahkan penulis sendiri juga terjebak disana. Jadi tetap bijak menyikapi dan mengedepankan analisis daripada insting semata, semoga kedepan memang benar mobil listrik bisa berkembang di Indonesia.

Referensi:

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkaitwww.caesarvery.com

Previous
« Prev Post