Trending Topik

[Ketapang, KALBAR] Co-Firing Biomassa Cangkang Sawit untuk Produksi Listrik Save Our World

Ketapang, Kalimantan Barat (Desember 2019). PLTU di masa mendatang harus pelan-pelan beralih ke SDA yang lebih ramah lingkungan. Batubara yang merupakan bahan bakar fosil dalam gas buang pembakaran menghasikan senyawa SOx, NOx dan COx yang cukup ikut berkontribusi dalam pencemaran global sehingga harus ditekan.

Sebagai langkah awal, pemerintah mewajibkan semua PLTU batubara untuk mencoba blending dengan sampah biomassa dari industri pengolahan lain seperti sampah pengolahan sawit, sampah pengolahan pertanian, sampah plastik, kayu dll sehingga disebut Co-Firing Biomassa.

Kali ini tim jejak eksplorasi melakukannya dengan Palm Kernel Shell (cangkang sawit), dan langsung diujikan blending 5% dengan batubara. Terbukti terjadi penurunan kandungan SOx, NOx dan COx serta tidak adanya agglomerasi pada bottom ash. Kedepan akan terus ditingkatkan blending ini sampai 30% dengan perlahan yang memperhatikan parameter operasi jangan sampai drop. Semoga PLTU ramah lingkungan terus berkembang dan kita semua berkontribusi dalam melestarikan alam.

Saksikan Video Dokumentasi Co-Firing Biomass Berikut:

Referensi:
[1] Youtube Channel "Jejak Eksplorasi Official"

Previous
« Prev Post