Artikel Terbaru

Anti COPAS

Apa yang Didapat dari Investasi Saham

Didalam investasi saham terdapat 2 laba yang didapat yaitu jangka pendek (capital gain dari aktifitas trading) dan jangka penjang (capital gain dan deviden)

Bagaimana strategi mendapatkan laba dari kedua aktifitas tersebut ??
  • Untuk capital gain, membeli saat harga saham turun dengan indikator IHSG turun drastis (bearish) dan menjual saat harga sudah naik (bullish)
  • Untuk deviden, memilih saham-saham blue chip yang sudah memiliki track record membagikan deviden cukup besar per share-nya. Bisa dilihat di www.eddyelly.com, disana terdaftar pembagian deviden, IPO dan informasi keuangan lainnya untuk aktifitas di bursa saham.
Sumber Gambar : www.novelinvestor.com
Bagaimana mengatasi saham yang baru dibeli dan ternyata langsung "merah" di portfolio??
Warna merah mengindikasikan harga saham update lebih rendah dari harga saham pembelian, sehingga di portfolio minus. Untuk seorang investor hal ini tentunya tidak menjadi permasalahan, namun untuk trader akan menjadi pengalaman buruk. Bagi trader, mereka akan membatasi kerugian dengan cara cut loss/stop loss dan cara ini kami sarankan untuk trader dengan uang yang diperdagangkan dalam jumlah besar >100 juta. Sedangkan untuk modal <100 juta alangkah baiknya diendapkan terlebih dahulu sampai menunggu portfolio berwarna "hijau" namun memiliki kelemahan yaitu anda akan terhambat untuk memutar uang tersebut sampai menunggu bangkit ke zona hijau. Semua rekomendasi tersebut tidak mengikat karena tergantung tipe anda seperti apa dan disini hanya kami share berdasarkan pengalaman.
Strategi apa yang harus dilakukan untuk "hold" saham portfolio merah ??
Memang terdapat beberapa syarat sebagai alasan saham layak di "hold" dan tidak di "cut loss" seperti saat pembelian saham memang perusahaan tersebut diminati banyak investor (bisa dilihat dari volume penjualan), analisa fundamental perusahaan bagus dan dari trending terdekat <3 bulan menunjukkan tingkat fluktuatif yang tinggi yang bisa diprediksi naik dalam waktu dekat. Kami sendiri sudah sering sewaktu beli langsung merah dan baru keluar ke hijau dalam waktu <1 bulan dan strategi diatas sudah kami terapkan.

Bagaimana aturan perpajakan atas modal investasi saham ??
Uang yang diinvestasikan di saham tidak terkena pajak, inilah kelebihan dan untuk memancing keterlibatan banyak invstor. Namun didalam trading saham, tentunya kita melewati pialang/broker yang menjadi agent di BEI dan mereka menerapkan biaya administrasi, misalkan yang kami pakai ini setiap pembelian saham dikenai charge 0.1% dari biaya total dan ketika jual dikenai biaya 0.15%. Prosentase ini terbilang kecil, sehingga tidak akan berpengaruh besar terhadap pengeluaran biaya.

Berapa pengembalian (return) yang didapatkan dari investasi saham ??
Return investasi saham cukup menjanjikan karena pasti diatas deposito, reksadana, obligasi dan hampir setara dengan investasi forex. Dibalik return yang tinggi terdapat risk yang tinggi pula sehingga terjadi balance antara penawaran dan permintaan di market yang membentuk harga pasar. Return saham mulai dari 0.1% sampai 500% bisa didapatkan tergantung lama waktu investasi dan kritisnya saat analisa fundamental perusahaan.

Apakah investasi saham bisa untuk tabungan di masa pensiun ??
Sangat bisa, karena berdasarkan pengalaman sendiri meng-asuransikan pendidikan anak ternyata oleh pihak asuransi uang diputar di investasi obliglasi dan saham. Begitu juga, tunjangan pensiun yang tiap bulan dipotong di tempat kerja juga diinvestasikan di deposito dan obliglasi. Berdasarkan hal diatas, mengapa kita tidak langsung saja terjun ke investasi tersebut yang notabene memang dijadikan tempat investasi pada umumnya.

Referensi : Pengalaman pribadi investasi

>

Previous
« Prev Post