Artikel Terbaru

Anti COPAS

Penampakan Didalam Boiler PLTU

Tipe boiler yang umum digunakan di PLTU adalah water tube, dimana air terletak di sisi dalam dan api memanaskan dari luar tube. Boiler terdiri dari 3 bagian yaitu furnace sebagai tempat pembakaran, cyclone separator sebagai tempat penyaring padatan yang tidak habis terbakar dan backpass sebagai area pemanfaatan kembali gas buang (flue gas). Sangat jarang ditemui foto riil isi didalam boiler PLTU dan berikut foto ketika isolasi dan manhole boiler dibuka.
  • FURNACE
Di furnace terdapat pembakaran bahan bakar seperti batu bara, gas alam atau minyak bumi. Udara di furnace didistribusikan melewati wind cap (untuk tipe boiler CFB) yang dimaksudkan untuk membuat bubbling batu bara dan pasir di ruang furnace. Wind cap didesain sedemikian rupa sehingga aliran udara melewati kisi-kisi di bawah topi dan ketika batu bara dan pasir menumpuk di atasnya, udara akan tetap menyembur melewati celah-celahnya
Gambar 1. Windcap Boiler Furnace
Disekeliling windcap terdapat walltube boiler yang berduri. Duri ini disebut anchor sebagai tempat pegangan material refractory (sebagai isolasi wall tube dari abrasif/gesekan batu bara dan pasir yang terbuat semen tahan api namun bagus dalam penghantaran panas). Wall tube tersebut nantinya tertutup oleh refractory yaitu bagian bawah dan atas sedangkan untuk area tengah tidak ada. Penempatan refractory di bagian bawah dimaksudkan agar tube terlindung dari abrasif material yang memiliki density besar sedangkan bagian atas untuk melindungi tube dari material velocity yang besar.
Gambar 2. Boiler Furnace Wall Tube (1)
Gambar 3. Boiler Furnace Wall Tube (2)
Gambar 4. Boiler Furnace Wall Tube (3)
Furnace terdiri dari beberapa area yaitu saturated, superheated, reheated dan steam drum. Di area superheated dimana fase fluida adalah 100% murni uap mendapatkan panas yang tinggi dan area gesekan material (abrasif) yang tingi sehingga membutuhkan coating khusus agar tube berumur panjang misalnya penggunaan lapisan ceramic.
Gambar 5. Boiler Furnace Wall Tube with Metal Coating
Gambar 6. Boiler Furnace Wall Tube with Metal Coating (2)
Sedangkan dari sisi luar terlihat tube rata tanpa ada duri namun terdapat kawat-kawat panjang sebagai pegangan isolasi. Isolasi bagian luar meliputi wool dan alumunium.
Gambar 7. Boiler Furnace Bagian Luar
Di furnace terjadi perubahan fase air dari air menjadi semi uap (saturated) dan uap murni (superheated). Pemisahan antara cair dan semi uap (saturated) di steam drum yaitu berupa bejana lonjong yang terdapat riser sebagai penyembur air sehingga yang fase saturated menuju ke atas sedangkan fase cair jatuh ke lubang menuju ke furnace kembali.
Gambar 8. Steam Drum Boiler
  • CYCLONE SEPARATOR
Berfungsi memisahkan padatan material (batu bara dan pasir) yang tidak terbakar dengan gas buang atau partikel yang halus (fly ash). Cyclone tersusun juga sama dengan furnace yaitu wall tube.
Gambar 9. Cyclone Separator Dari Luar
Gambar 10. Cyclone Separator Dari Luar (2)
  • BACKPASS
Area ini adalah sebagai heat recovery pemanfaatan gas buang, terdiri dari wall tube juga. Tidak terdapat material refractory karena tidak terlalu abrasif.

Referensi : Pengalaman di pembangkitan

>

Previous
« Prev Post