Trending Topik

OHSAS (18001) dan ISO (14001 & 9001)

Dalam dunia industri akhir-akhir ini faktor yg diutamakan adalah keamanan, keselamatan dan ramah lingkungan / kesehatan. Profit tinggi tdk menjadi prioritas utama tanpa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Banyak perusahaan berlomba-lomba utk menciptakan suasana kerja yg aman, karena sekarang sudah ada penilaian dan kategori industri shg mendapatkan predikat "zero accident". Jika industri mendapat predikat tsb maka di luar nilai saham perusahaan akan naik dan nama akan melambung naik.
"In industrial world, recently major factor are safety and environment friendly / healthy. High profit doesn't major priority without working safety. Many companies doing compete to make safety working condition, due to now already have evaluation and category of industries will get a title "zero accident". If industries get that title so outside value of stock is growing up and company name also following."

Pengetahuan tentang K3 ditetapkan dalam "OHSAS" (Occupational Health and Safety Assessment System) dan manajemen K3 mengacu pada 18001 : 2007, disini dijelaskan tentang manajemen keselamatan dan kesehatan kerja shg industri layak mendapat sertifikasi. Tujuan dari OHSAS adalah perlindungan terhadap para pekerja dari hal-hal yang tidak diinginkan yg timbul dari lingkungan kerja ataupun aktifitas pekerjaan itu sendiri yang berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerja serta supaya tidak menimbulkan kerugian besar yg diakibatkan dari kecelakaan kerja yang bisa menjadi menjadikan citra buruk perusahaan.

"Knowledge about working safety is specified in "OHSAS" (Occupational Health and Safety Assessment System) and K3 management refer to 18001 : 2007, here is explained about management of working safety and healthy so industries deserve a get certification. The purpose of OHSAS is protection to workers from something  undesired which caused from working environmnet or job activities and have impact to healthy and safety workers and not reason large loss from working accident that can make bad image company."

OHSAS dijalankan oleh industri dengan mengacu pada beberapa standarisasi dan yg menjadi acuan adalah tidak bertentangan dengan "ISO" (The International Organization for Standardization). Tujuan dari ISO adalah mengembangkan dan mempromosikan standar-standar yang berlaku secara internasional. Industri yg mempunyai sertifikat ISO akan menghasilkan produk yg lebih dipercaya konsumen dan legal mutu lebih terjamin. Macam - macam ISO yang sering dibuat acuan adalah :
  • ISO 14001 : 2004 (Sistem Manajemen Lingkungan)
Adalah bagian dari seluruh sistem manajemen yang mencakup struktur organisasi, kegiatan perencanaan, tanggung jawab, prosedur, proses dan sumber daya utk mengembangkan, menerapkan, mencapai, meninjau dan memelihara kebijakan lingkungan.
Mengapa ISO 14001 : 2004 dibuat :
Adanya isu - isu lingkungan yg bermasalah seperti :
  1. Pemanasan global, gas rumah kaca di atmosfer menjebak radiasi infrared shg panas di bumi tdk bisa keluar dan bisa menyebabkan : bumi temperatur naik 1,5 C setiap 15 tahun, perubahan iklim yg tdk terjadwal, mencairnya es dari kutub selatan / utara shg menaikkan level ketinggian air laut, menimbulkan angin topan dan bencana kekeringan berkepanjangan
  2. Penipisan lapisan ozon, pengancam utama adalah CFC (Chloro Fluro Carbon) / Freon dan penggunaan ini biasanya ada pada : kulkas, bahan dorong penyembur gas, pembuatan busa, bahan pelarut utama. Masa hidup CFC berarti 1 molekul yg dibebaskan hari ini bisa ada 50 - 100 tahun dalam atmosfer dan dalam waktu 5 tahun CFC bergerak naik ke stratosfer (10 - 50 km) dan di ketinggian 20 - 25 km molekul CFC terurai setelah bereaksi dengan UV dan membebaskan atom Chlorin dan atom Chlorin ini yg memusnahkan ozon.
  3. Hujan asam, segala macam hujan dengan pH dibawah 5,6 dan disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil (SOx dan NOx). Prosesnya adalah bahan bakar fosil dan nitrogen bereaksi dg oksigen membentuk SOx atau NOx, zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dg air utk membentuk H2SO4 atau HNO3, kemudian jatuh bersama air hujan dan jika mengenai tanah akan mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem dan bangunan juga akan cepat rusak.
  4. Pengurangan sumber daya, penggunaan energi yg berlebihan, minyak bumi dan gas alam
  5. Perusakan dan penebangan hutan, banjir, erosi, kurangnya resapan air dan berkurangnya kemampuan merubah gas CO2 menjadi O2
  6. Pembuangan limbah
  • ISO 9001 : 2008 (Sistem Manajemen Mutu)
"OHSAS is done by industries with references at some standardization and be reference is not against with "ISO" (The International Organization for Standardization). The purpose ISO is develop and promote apply of international standardization. Industry have certificate ISO will produce product more believe consumer than other and  legal quality is guaranteed.
The kind of ISO are : 
  • ISO 14001 : 2004 (Environmental Management System)
Part of all management system that cover organizational structur, planning activities, responsibilities, procedures, processes and resources to develop, implement, achieves, reviewes and keep environmental policy.
Why ISO 140001 : 2004 is crated :
  1. Global warming, effect of greenhouse in the atmosphere trap infrared radiation so that heat in the earth can't leave and can reason : temperature in the earth raise 1,5 C every 15 years, change of climate is unpredictable, melt of ice in the south pole / north pole so that raise level of sea water, generate storm and long dryness
  2. Deficiency of ozon layer, first threatening is CFC / Freon and usage usually at freezer, gas spray, foam making, solvent. Life time CFC is 1 molecule is released today can exist 50 - 100 years in the atmosphere and in 5 years moving up to the stratosfer (10 - 50 km) and in the highness 20 - 25 km CFC molecule is decomposed after reacted with UV and release Chlorin atomic and this is that destroy ozon.
  3. Acid rain, all kind of rain with pH below 5,6 and caused by burning of fosil fuel (SOx dan NOx). Process is fossil fuel and Nitrogen react with oxygen form SOx or NOx, this substances are diffuse to the atmosphere and react with water to make H2SO4 or HNO3, then falling down with rain water and if touch top soil will have effect imbalance ecosystem and building also damage
  4. Reducing of resource, usage excess energy, petroleum, natural gas
  5. Destuction and deforestation, flood, erotion, decrease water infiltration and decrease capability change CO2 to O2
  6. Waste disposal"
Selain itu juga menerapkan standarisasi yg ada di Indonesia "SNI" (Standar Nasional Indonesia) shg produk yg dihasilkan diterima oleh konsumen dengan tidak merugikan pihak siapapun. Berikut ada macam - macam standarisasi yg ada seperti :
  • SAE (Society of Automotive Engineers) mengeluarkan API (American Petroleum Institute), peraturan tentang kualitas dari oli mesin yg berlaku di Amerika
  • JASO (Japanese Automobile Standard Organization), standarisasi utk oli mesin di jepang
"Moreover, also apply standardization in Indonesia "SNI" (Standar Nasional Indonesia) so product is produced can be accepted by consumers with not prejudice anyone. Various kind of standardization are :
  • SAE (Society of Automotive Engineers) release API (American Petroleum Institute), regulation about quality engine oil in America
  •  JASO (Japanese Automobile Standard Organization), standardization for engine oil in Japan" 
Referensi : Materi training PT. Honda ltd dan referensi lain yg bahasanya disederhanakan

ARTIKEL TERKAIT : 
1. Persyaratan dan Macam Cerobong Asap serta Simbol Kemasan Limbah B3 
2. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (MK3L) 
3. 4R Waste Management

Previous
« Prev Post