Trending Topik

Saham BEI Apa yang Cocok Diinvestasikan di Tahun 2021??

Tahun 2020 adalah tonggak awal mulai Industri 5.0 dimulai, dengan adanya pandemi COVID-19 semua orang dipaksa untuk beralih ke sistem digital baik komunikasi, payment, pekerjaan dll. Tahun 2020 banyak investor saham BEI berguguran termasuk penulis sendiri dan menarik sebagian asset yang kecantol dan memasukkan ke obligasi/reksadana pendapaan tetap.

Ada berkah dibalik musibah ini kalau dianalisa mendalam lagi, misalnya setelah 8 bulan pandemi berlalu tepatnya di Oktober 2020 saham BEI mulai trend bullish dan banyak saham bluechip undervalue sehingga cocok untuk di-akumulasi. Saham penulis yang tercanol selama pandemi juga sudah mulai break-out dari fase tidurnya yang cukup panjang yang menandakan ekonomi global sudah mulai pulih karena sudah ditemukannya vaksin dan meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk ekonomi.

Penulis kemudian di awal Tahun 2021 sudah mulai kembali lagi terjun ke dunia saham BEI dan berdasarkan pengalaman melihat informasi global dan kecenderungan pasar serta jaman maka sektor telekomunikasi dan industri baterai adalah banyak potensialnya. Sektor telekomunikasi ini pesat perkembangannya karena komunikasi 5G sudah ada yang menang tender dan bersiap untuk diaplikasikan. Sedangkan industri baterai termasuk mata rantainya juga banyak diminati karena regulasi global yang mulai mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan beralih ke teknologi ramah lingkungan yaitu listrik. Mobil listrik menjadi transportasi masa depan yang pasti digunakan sehingga penggunaan baterai adalah komoditi utama. Terus saham sektor apa yang berpengaruh?? semua mata rantai dalam penggunaan baterai berpengaruh seperti sektor tambang, sektor otomotif, sektor listrik dll.

BACA JUGA: Panel Surya sebagai Alternatif Energi Baru-Terbarukan (EBT)

Penulis menganalisis dari beberapa berita dan perkembangan jaman ini memang terus berubah cepat dan berfikir yang kreatif dan adaptif-lah yang akan bisa meraih kejayaan. Seperti bidang kerja mentereng yang dulu digadang-gadang bisa membuat kaya akan kalah dengan profesi influencer dan online shop. Industri minyak dan gas yang menjadi sektor teratas memberikan kekayaan akan berubah dan sektor energi baru-terbarukan-lah yang akan menonjol seperti sawit, listrik (surya, biomass, angin, thermal), industri yang menggunakan bahan biodegradable, teknologi yang irit dan murah.

Referensi

[1] Pengalaman Pribadi pada Tema Terkaitwww.caesarvery.com

Previous
« Prev Post